Objek Wisata Populer di Indonesia

Traveling Menuju Danau Singkarak di Sumatera Barat

Bagi wisatawan yang rindu akan keasrian suasana pedesaan, sambil menikmati keindahan danau yang tenang. Maka bisa mencoba untuk jalan – jalan ke danau singkarak di musim liburan mendatang.

Danau ini merupakan salah satu dari dua danau yang memiliki nama besar di bumi Pariaman ini. Danau Singkarak namanya. Sebuah danau juga yang merupakan salah satu dari dua danau terbesar di Indonesia.

Danau ini tepat berada di bawah danau toba dalam urutan danau terbesar di Indonesia. Dengan luas sekitar seratus delapan kilometer perseigi, membuat anda bisa menikmati keindahan yang sangat luas dari danau ini.

Keindahan Danau Singkarak Seperti Lukisan di Alam Nyata

wisata danau singkarak


Coba, tengok dan perhatikanlah sejenak penampakan alam yang ada di danau tersebut, pada saat anda traveling ke danau ini. Fantastis, mungkin inilah satu kata yang sangat tepat untuk menggambarkan keharmonisannya dengan semua penampakan alam di sekitar danau tersebut.

Air yang kebiruan, dan riak kecil ombak yang menyapa butiran pasir yang halus di tepian danau, adalah salah satu dari nada keharmonisan tersebut.

Jika mata kita menyeberang lebih ke depan, ke arah tengah danau, maka mata kita akan terhenti oleh alunan perahu sang nelayan, yang laju mengarungi ketenangan danau tersebut. Cipratan air tampak menghempas dan terpecah di belah kuat kayu perahu sang nelayan tersebut.

Belum lagi adanya pepohonan yang angkuh berdiri seakan menjadi pagar yang abadi antara pantai dan danau, lalu ketika kita menjauhkan lagi pandangan mata kita, maka mata kita akan menangkap hamparan nan hijau persawahan, dan pagar bukit barisan yang membentengi semua keindahan tersebut.

Danau ini memang sebuah lukisan yang terlalu indah untuk di lukis. Sebuah lukisan di alam nyata, yang akan anda temukan apabila anda jalan – jalan ke Ranah Minang, yakni di Danau Singkarak yang elok nian.

Beragam Habitat di Danau Singkarak


Ketika anda traveling ke danau singkarak ini, anda pergi ke rumah dari begitu banyak jenis flora yang terdapat didalam danau singkarak.

Sebut saja seperti ikan piyek, balingka, asang, sasau, dan juga ikan baung. Ikan sasau ini bisa bertumbuh hingga konon katanya mencapai berat tubuh sekitar delapan kilogram.

Selain itu, danau ini adalah sebuah habitat asli dari ikan Bilih. Spesies langka, yang dipercaya hanya ada satu di dunia. Ikan bilih ini sangat unik, mereka tidak dapat hidup kecuali di Danau Singkarak.

Jadi jika kita berharap bisa membawa ikan ini, tentu akan merasa kecewa, karena, jangankan di aquarium, bahkan di jala yang terapung yang ditempatkan di danau ini saja ikan tersebut tidak dapat melanjutkan hidupnya.

Namun jangan khawatir, walaupun tidak bisa membawa ikan tersebut dalam keadaan hidup, namun masyarakat setempat sering menggoreng ikan yang memiliki bentuk tubuh seperti ikan teri ini.

Dan panganan yang sedap ini bisa kita jumpai pada saat jalan – jalan di danau singkarak, yakni di rumah makan – rumah makan yang banyak tersebar disekitar danau singkarak ini.

Menuju Danau Singkarak


Untuk dapat mencapai danau ini, wisatawan bisa memulai perjalanan dari Padang. Jarak dari bandara ke danau ini tidaklah jauh, hanya memakan waktu sekitar dua jam perjalanan saja, jika menggunakan mobil.

Namun, bila anda hendak mencoba menggunakan kereta untuk travelling ke danau ini, maka bisa mengambil kereta dari padang yang melalui simpang tiga Solok. Kereta tersebut akan melalui darah wisata yang indah ini.

0 Komentar untuk "Traveling Menuju Danau Singkarak di Sumatera Barat"

Back To Top