Objek Wisata Populer di Indonesia

Jalan – Jalan Lalu Singgah Wisata ke Kawah Putih

Apa yang bisa anda bayangkan bila mendengar kata Bandung? Sebuah kota yang kini sudah mulai “terinspirasi” tetangganya yakni Jakarta? Yang mulai macet, mulai penuh polusi?

Hmmm.. Tunggu dulu, itu tidak sepenuhnya benar, Bandung masih merupakan kawasan yang cukup ramah dan nyaman. Apalagi bila kita berkesempatan untuk jalan – jalan ke salah satu objek wisata yang terdapat di dekat daerah tersebut, yakni Kawah Putih.

Awalnya banyak mengira bahwa di tempat ini ada sebuah misteri yang aneh. Sebab, dulu masyarakat setempat memperhatikan bahwa tidak ada hewan yang mau untuk terbang di wilayah tersebut.

Namun setelah diadakan penelitian bertahun – tahun kemudian, baru diketahui bahwa ditempat itu terdapat salah satu bentukan alam yang indah yakni danau belerang.

Mengetahui hal tersebut, semua penjajah, yakni Jepang dan juga Belanda langsung mengubah dan menyulap kawasan tersebut menjadi kawasan industri belerang, yang tentu saja hasil utamanya adalah belerang.

Semenjak kemerdekaan, pemerintah setempat tidak pernah terpikir untuk mengubah tempat ini menjadi sebuah objek wisata yang dikelola secara profesional. Baru setelah tahun 1987, pemerintah setempat mengembangkan potensi wisata yang ada di daerah ini.

Menuju ke Lokasi Wisata Kawah Putih


Bila anda dari Jakarta atau dari kota lain yang ada diseluruh nusantara, untuk dapat menuju ke lokasi, hal pertama yang harus kita lakukan adalah tiba di kota Bandung.

Setelah itu kita bisa bergerak menuju ke lokasi dari kota Bandung dengan cara mengambil jalan yang mengarah ke selatan ke arah Gunung Patuha. Bila anda sudah tiba di daerah Pasir Jambu, Bandung, maka itu artinya anda sudah dekat, sebab lokasi ada disana dan tepat berada di Jalan Kawah Putih.

Para penjaja makanan dan minuman yang mangkal di depan pintu masuk akan menyapa anda dengan dagangan mereka, anda boleh untuk membeli bekal di tempat ini, namun dengan catatan bahwa anda harus menjaga kebersihan di lokasi kawah nantinya.

Kegiatan anda untuk pergi jalan – jalan ke kawah putih belum berakhir. Ketika sampai di pigura pintu masuk depan anda masih harus menyisakan tenaga untuk berjalan sejauh lima kilometer menanjak menuju ke pusat kawah.

Bagi anda yang membawa kendaraan sebenarnya anda bisa membawa kendaraan anda langsung naik ke atas, tentu saja ada tiket yang harus dibayarkan untuk parkir kendaraan. Namun, jalan – jalan petualangan anda tentu jadi kurang menarik, jika harus ditempuh dengan menggunakan kendaraan.

Ada baiknya anda memilih untuk menyewa jasa andong yang ada di depan, atau bila anda merasa cukup kuat, anda bisa memilih untuk berjalan kaki sambil menikmati kesegaran udara pegunungan disekitar situ.

Suasana Kawasan Kawah Putih

wisata kawah putih



Ketika anda tiba di lokasi travelling anda, anda akan menyaksikan sebuah kawah yang berwarna putih. Karena memang kawah tersebut paling sering menampakkan keanggunannya dalam balutan warna putih yang suci.

Namun bukan berarti kawah ini tidak mampu berubah warna menjadi warna yang lain, kawah ini terkadang bisa menjadi biru kehijauan dan bahkan kadang coklat susu.

Jika anda membutuhkan fasilitas lain selain kawah, maka anda bisa menggunakan fasilitas yang sudah tersedia seperti toilet, informasi, dan juga klinik.

Waktu lima belas menit sangat dianjurkan untuk menjadi waktu maksimal berada di areal kawah dengan memakai masker, sebab kandungan belerangnya cukup tinggi.

Mengenai masalah tiket, para pengunjung harus membayar tiket masuk 25 ribu rupiah, dan mobil sekitar 150 ribu rupiah.

Semoga ini bisa menjadi informasi menarik untuk anda yang ingin berwisata bersama keluarga tercinta.

0 Komentar untuk "Jalan – Jalan Lalu Singgah Wisata ke Kawah Putih"

Back To Top