Objek Wisata Populer di Indonesia

Danau Maninjau Tujuan Wisata Indah di Sumatera Barat

Ada sebuah legenda yang terkenal mengenai bujang 9, sekeluarga terdiri dari sembilan orang lelaki dan seorang wanita, wanita yang bernama sani ini adalah seorang yang elok paras dan tingkahlakunya, yang membuat Sigiran tertarik dan menjalin hubungan kekasih dengan Sani.

Mereka dituduh berbuat amoral, oleh sembilan orang saudara Sani, untuk membuktikannya pasangan ini lompat ke kawah gunung Tinjau, dengan sumpah bahwa gunung akan meletus bila mereka tidak berbuat amoral, dan akhirnya gunung tersebut pun meletus.

Inilah kisah salah satu tujuan wisata di Sumatera Barat yakni Danau Maninjau, masyarakat setempat meyakini bahwa asal muasal dari danau tersebut adalah kawah gunung yang meletus, karena sumpah Sani dan Sigiran.

Lubang kawah tersebut akhirnya diisi oleh air sehingga menjadi danau yang sangat indah, yang bisa kita nikmati pada saat ini.

Keindahan Danau Maninjau Yang Menakjubkan

wisata danau maninjau


Danau yang terletak di Sumatera Barat ini memang benar – benar memiliki keindahan yang menakjubkan, hingga para seniman menuliskannya di dalam baris keindahan pantun yang berbunyi jika makan aria pinang, makanlah dengan sirih yang hijau, jangan (datang) ke Ranah Minang, kalau tak mampir ke Maninjau.

Apa yang disampaikan dalam pantun tersebut bukanlah suatu hal yang berlebihan, mengingat keadaan sebenarnya dari danau Maninjau memang sangat indah dengan lekukan alam yang sangat eksotis. Sebuah tujuan wisata yang tak akan terlupakan.

Berangkat Ke Maninjau


Untuk mencapai danau yang semarak dengan keindahan ini, para wisatawan bisa menuju ke lokasi di daerah kabupaten Agam, Sumatera Barat. Tidaklah terlalu sulit untuk mencapai lokasi tujuan wisata tersebut. Wisatawan bisa datang dari arah barat maupun dari arah timur.

Jika datang dari arah timur maka dari ibukota propinsi, yakni Padang, para wisatawan bisa melanjutkan perjalanan ke arah Bukit tinggi, dari sana, bisa langsung menuju ke Danau Maninjau melewati rute kelok 44, yang dapat ditempuh selama kurang lebih tiga jam perjalanan baik dengan angkutan umum, maupun menggunakan kendaraan pribadi.

Sedangkan bila datang dari arah barat, maka wisatawan bisa memulai perjalanannya dari arah Padang menuju ke Lubuk Basung melewati jalur Pariaman.waktu tempuh melewati jalur ini adalah sekitar satu jam setengah.

Bila wisatawan ingin merasakan perjalanan yang cukup menarik, sebaiknya melalui jalur timur, walaupun lebih jauh, namun ada pengalaman tersendiri ketika melewati kelok 44 yang terkenal tersebut.

Danau ini sendiri sudah dikembangkan secara maksimal oleh pemerintahan setempat, dan sudah berubah menjadi sebuah tempat menarik untuk dijadikan tujuan wisata. Baik sekeluarga, rekan – rekan, ataupun untuk berwisata seorang diri.

Saran akomodasi sudah banyak dibangun, bahkan ditempat ini pun sudah tersedia resor bintang lima yang berada dipuncak bukit. Pastilah dengan semua pemandangan yang indah dan eksotis tersebut menginap dan menikmati suasana di pagi hari merupakan sebuah pengalaman yang sangat mengasyikkan.

Namun, bila anda tidak berencana menginap, di tempat ini pun sudah tersedia tempat – tempat untuk sekedar makan dan melepas lelah. Karena disini juga telah tersedia berbagai macam restoran dan tempat istirahat yang menawarkan berbagai macam hidangan khas Sumatera Barat yang menggugah selera.

Apalagi daerah ini memang terkenal dengan selera pedas yang menggoyangkan lidah, tentu menambah selera makan kita. Jika berkunjung ke tempat menarik ini jangan lupa untuk membeli berbagai macam buah tangan khas Sumatera Barat yang bisa juga kita jumpai di danau Maninjau yang sangat indah ini.

0 Komentar untuk "Danau Maninjau Tujuan Wisata Indah di Sumatera Barat"

Back To Top